Selasa, 28 Desember 2010

membuat layangan

Membuat Layang-layang



Bahan yang diperlukan; dua potong bambu (berukuran 90 sentimeter dengan tebal sekitar satu sentimeter dan 70 sentimeter dengan ketebalan sama). Kertas minyak dengan ukuran yang sama dengan bidang ukuran bambu. Persiapkan pula; spidol, pensil, pita yang agak tebal, gunting, isolasi, lem, penggaris, dan benang. Cara membuatnya, pertama ambillah dua potong bambu tadi.

Letakkan bambu tersebut saling bersilangan. Lalu rekatkan kedua bambu itu dengan menggunakan isolasi. Kemudian, ikat setiap sudut kayu dengan menggunakan benang Sekilas bentuknya seperti wajik. Maka jadilah rangka layang-layang. Lalu, letakkan rangka layanglayang di atas selembar kertas minyak . Beri tanda kertas itu sehingga mengikuti bentuk rangka layangan.

Biarkan ujung kertas dilebihkan sekitar 2,5 sentimeter sebagai garis potongan. Kemudian, gunting kertas itu mengikuti tanda yang telah kamu buat. Agar layang-layang lain daripada yang lain, kamu dapat gambar dengan menggunakan spidol. Berilah warna sehingga layang-layang kamu terlihat keren ketika terbang. Terakhir, lipat bagian kertas ke arah belakang (yang tidak dihias) lalu rekatkan dengan menggunakan isolasi.

Kamu juga dapat menambahkan ekor. Caranya, gunting kertas minyak tadi dengan panjang sekitar 50 sentimeter. Lalu tempel dengan menggunakan lem di bagian ekor atau dapat pula di setiap sisinya. Terakhir, buatlah dua lubang di tengah-tengah layang-layang. Persisnya di tempat persilangan rangka bambu tadi. Kemudian, masukkan benang ke salah satu lubang dan silangkan ke dalam rangka. Lakukan hal yang sama untuk lubang yang satu lagi. Sekarang, bersiaplah untuk menerbangkannya di udara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar